Ketahui Tentang Billboard, Salah Satu Jenis Iklan di Luar Ruangan

Sebagian besar dari kita pasti pernah melihat iklan besar di pertigaan atau perempatan jalan raya atau di sepanjang jalan tol. Iklan semacam itu disebut billboard. Pengertian billboard secara umum adalah salah satu jenis reklame atau media reklame yang ditempatkan di luar ruangan.

Seberapa efektifkah billboard di era digital saat ini? Lihat uraian di bawah ini tentang billboard.

Pengertian Billboard

Secara umum pengertian billboard adalah bentuk iklan atau promosi iklan poster yang ditempatkan di luar ruangan, berukuran besar dan berada pada posisi tinggi.

Beberapa ahli juga berpendapat bahwa pengertian billboard adalah papan reklame berukuran besar yang di atasnya terdapat pesan atau gambar informasi, baik itu iklan, pengumuman atau promosi suatu produk tertentu.

Biasanya billboard dipasang di tempat-tempat ramai yang dilalui banyak orang, dan dipasang dalam ukuran yang cukup besar dan tinggi.

Billboard juga biasanya berbentuk persegi dan terbuat dari logam, kayu, kain, fiberglass, kaca, plastik atau bahan lainnya. Pemasangan dilakukan dengan struktur permanen atau tetap. Namun, beberapa billboard juga ditempatkan di bangunan lain, seperti di atas toko.

Fungsi Billboard

Setelah kita mengetahui arti dari billboard, kita perlu mengetahui apa saja fungsi dari salah satu media promosi ini. Secara umum fungsi billboard adalah sebagai media penyampaian informasi yang berguna dalam mengkomunikasikan pesan-pesan tertentu kepada masyarakat luas.

Fungsi lain dari billboard adalah sebagai berikut:

  • Sebagai media iklan atau media promosi yang ditempatkan di luar gedung agar dapat dilihat banyak orang.
  • Sebagai media periklanan untuk meningkatkan penjualan produk
  • Sebagai cara yang tepat untuk melakukan branding pada suatu produk atau merek.
  • Sebagai cara memberikan informasi singkat kepada publik.

Ciri-ciri Billboard

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi billboard, seharusnya kita mengetahui ciri-ciri billboard. Dengan cara ini, kita dapat mengidentifikasi media iklan yang sesuai untuk bisnis.

Billboard memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan media informasi lainnya. Ciri-ciri billboard adalah sebagai berikut:

  • Papan reklame cukup besar dan memiliki rasio tinggi lebar 2:3.
  • Billboard juga cenderung menggunakan warna yang lebih kontras dan tujuannya agar lebih mudah dilihat dan dibaca orang.
  • Tulisan dan gambar pada billboard juga dibuat dalam ukuran besar agar dapat dibaca dan dilihat oleh orang yang lewat.
  • Reklame juga biasa ditempatkan di tempat-tempat yang banyak orang, seperti pertigaan, perempatan lampu merah dan tempat lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Billboard

Seperti media lainnya, papan reklame memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan billboard:

1. Kelebihan Billboard

Billboard adalah alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi secara ringkas dan jelas. Billboard dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan informasi yang dapat menjangkau daerah secara lokal.

Selain itu, billboard merupakan alat komunikasi yang efektif dan tepat sasaran bagi masyarakat luas dan dapat ditempatkan di tempat yang dirasa tepat.

2. Kekurangan Billboard

Karena billboard sangat besar, kekurangannya adalah membutuhkan area yang luas untuk pemasangannya. Selain itu, karena ditempatkan di luar ruangan, kondisi kain pada billboard dapat cepat rusak jika cuaca tidak menentu.

Informasi pada billboard cenderung tidak terlihat jika dipasang di area tertentu yang jarang dilalui pejalan kaki dan pengemudi kendaraan yang melaju kencang.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian, fungsi, ciri-ciri serta kelebihan dan kekurangan billboard. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi bisnis Anda.