3 Manfaat Jamu Temulawak bagi Kesehatan Tubuh, Meningkatkan Imun dan Cegah Infeksi

Berbagai macam manfaat jamu temulawak bagi kesehatan tubuh. Bagi masyarakat Indonesia, manfaat temulawak sendiri untuk kesehatan telah dikenal sejak lama. Bahkan secara turun temurun, temulawak telah digunakan sebagai herbal atau jamu tradisional. Hal ini karena kandungan sejumlah senyawa alami yang ada di dalam temulawak.

Tanaman herbal asli Indonesia ini sering kali digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mulai dari demam, nafsu makan berkurang, diare, sembelit, radang sendi, gangguan lambung hingga gangguan fungsi hati.

Sejumlah studi ilmiah mengungkapkan, temulawak memiliki kandungan senyawa seperti terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol. Senyawa aktif tersebut diketahui mempunyai sifat antioksidan, antimikroba, antiradang, antidiabetes dan antikanker.

Temulawak yang memiliki nama latin Curcuma zanthorrhiza ini masih kerabat dekat dengan kunyit. Sama seperti kunyit, temulawak juga kerap kali dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan pewarna makanan.

Bahkan temulawak juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran pada produk kosmetik. Di Indonesia, temulawak biasanya dikonsumsi dalam bentuk jamu, teh herbal, bubuk ataupun suplemen.

Lantas apa saja manfaat jamu temulawak bagi kesehatan tubuh? Simak ulasan informasinya berikut ini.

1. Memperkuat Imunitas Tubuh

Manfaat jamu temulawak yang pertama adalah mampu membantu memperkuat imunitas tubuh. Manfaat tersebut berasal dari sejumlah nutrisi dan antioksidan yang ada dalam temulawak. Kandungan-kandungan ini lah yang nantinya membantu produksi antibodi dan kinerja sel darah putih.

Dengan sistem imun atau daya tubuh yang kuat, tubuh seseorang akan jauh lebih kuat dalam melawan sejumlah virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, dengan daya tubuh yang kuat juga akan membuat kalian jarang terserang suatu penyakit.

2. Menjaga Fungsi & Kesehatan hati

Manfaat jamu temulawak yang kedua yaitu membantu menjaga fungsi serta kesehatan organ hati. Sejumlah studi ilmiah mengungkapkan, tanaman herbal ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan organ hati. Tak hanya itu, temulawak juga bisa membantu menjaga fungsi dan mengurangi peradangan pada organ hati.

Hal tersebut diduga berkat senyawa aktif antiradang dan antioksidan yang ada dalam temulawak. Meski begitu, sebelum mengonsumsi jamu temulawak untuk pengobatan penyakit hati, tetap harus konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu. Agar nantinya tidak ada efek samping berbahaya bagi tubuh.

3. Mencegah & Mengatasi Infeksi

Manfaat jamu temulawak bagi kesehatan tubuh yang ketiga yakni membantu mencegah dan mengatasi infeksi. Temulawak diketahui memiliki kandungan kurkuminoid dan xanthorrhizol yang berfungsi sebagai antimikroba. Sejumlah riset menyebutkan, ekstrak temulawak mampu menghambat dan membasmi pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. Bakteri seperti Salmonella dan E.coli.

Ekstrak temulawak juga mempunyai efek antijamur dan antivirus. Karenanya, temulawak dapat dikonsumsi sebagai obat herbal untuk mengatasi dan mencegah infeksi. Jamu temulawak juga diketahui mempunyai efek antiradang. Bahkan juga memiliki efek pereda alami. Sehingga sangat baik dikonsumsi dalam mendukung proses penyembuhan ketika sakit seperti flu dan demam.

Untuk mendapatkan temulawak dengan kualitas terbaik, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan temulawak juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.